Minggu, 07 April 2013

Malioboro

jalan malioboro

             Malioboro adalah sebuah jalan yang ada di pusat kota Jogjakarta, nama malioboro sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya karangan bunga. Malioboro merupakan tempat wisata yang menjadi cirikhas dari kota Jogjakarta. Disepanjang jalan malioboro dipenuhi oleh pertokoan yang menjual beraneka macam produk mulai dari makanan, kerajinan, pakaian dan banyak lagi yang disediakan disepanjang jalan ini. Jika kita berbicara tentang kota Jogjakarta pastilah malioboro akan menjadi sub topic utama yang harus dibahas, walaupun masih banyak icont dari kota jogja. Panjang dari jalan malioboro kira-kira 500 meter, jika kita berjalan dari titik awal masuk sampai titik ujung dari jalan malioboro kira-kira menghabiskan waktu setengah jam saja, dengan catatan anda benar-benar hanya berjalan tanpa mampir walaupun hanya sejenak 
                                                              
Festival seni


Oke sekarang kita coba untuk menulusuri jalan malioboro secara perlahan, sehingga anda yang belum pernah berkunjung kemalioboro bisa sedikit membayangkan seperti apa jalan malioboro.  Awal memasuki jalan malioboro, sebelah kiri jalan kita bisa melihat bangunan tinggi yang memiliki arsitektur gaya belanda yakni hotel Inna Garuda, hotel inna garuda merupakan golongan hotel mewah yang ada dijogja. Kebanyakan tamu Negara atau tamu-tamu penting yang menginap dihotel ini. Selanjutnya kita berjalan lagi, kita akan melihat sederet pedagang kaki lima yang menjual beraneka macam kerajinan diantaranya batik, tas, dompet, kalung, jam tangan, kerajinan rotan, kerajinan kayu, blangkon ( topi khas jawa), kaos cindra mata dan masi banyak lagi macam barang yang tersedia disepanjang jalan malioboro ini. Jika perut anda sudah keroncongan, anda tidak perlu khawatir kelaparan, karena disepanjang jalan ini banyak penjual makanan mulai dari pedagang asongan, angkringan, lesehan, bakso sampai MC Donald tersedia disini.
                                                                     
Pasar beringharjo


Ada banyak macam yang disuguhkan disepanjang jalan malioboro, diantaranya yaitu batik yang menjadi warisan budaya Indonesia, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal tersedia dilingkungan malioboro. Jika anda ingin leluasa memilih batik kesukaan anda, anda bisa berkunjung ke pasar beringharjo, disana menjual beraneka macam batik sesuai selera dan kantong anda. Jika anda ingin mencari kain atau baju batik yang mewah, mungkin anda bisa mampir ke gerai Batik keris, batik ningrat, mirota batik dll.
Menyinggung sedikit tentang mirota batik, mirota batik adalah sebuah toko yang lumayan besar dan terkenal dijogja, khususnya bagi pelancong atau wisatawan sudah tidak asing lagi dengan nama mirota batik. Mirota batik menjual beraneka macam kerajinan batik hingga pernak pernik yang berbau khas jawa. Mulai dari pakaian, furniture, patung-patung, pernak pernik dan masih banyak lagi yang disediakan dimirota batik. Jika anda memasuki toko ini pasti anda akan merasa memasuki ruang waktu beberapa abad silam, ya kenapa saya bilang begitu, karena aroma kembang, dupa sangat menyengat dihidung para pengunjung. 
Benar-benar memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjungnya.

kawasan 0 KM 
            Akhirnya sampailah kita diujung jalan malioboro, yaitu perempatan lampu merah malioboro yang biasa disebut 0 KM, kenapa disebut demikian ? alasanya yakni semua jarak wilayah jogjakarta diukur melalui lampu merah ini. Bisa dibilang lampu merah ini adalah titik nol dari kota Jogjakarta. Jika kita menghadap selatan maka kita akan melihat bangunan kantor pos besar yang masi memiliki gaya arsitektur belanda, jika kita menghadap ke sisi timur ada monument serangan 1 maret, sisi barat ada istana Negara republik Indonesia.
kawasan kantor pos

monumen serangan umum 1 maret
Sebenarnya masi banyak lagi tempat-tempat yang belum saya sebutkan karena begitu banyak, lebih baik anda berkunjung sendiri aja ya,  sekedar info jika anda ingin berkunjung kemalioboro lebih baik dating disore hari ya kira-kira jam 15.00 wib atau jam 16.00 wib, sehingga anda benar-benar bisa menikmati indahnya kawasan malioboro tanpa harus kepanasan. Oke selamat berkunjung semoga tulisan ini bermanfaat. terimakasii



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...